Orang-orang bloon

Pas lagi di kelas, duduknya dempet-dempetan banget, sempit banget.. padahal bayar kuliah mahal. Pas temen gw si Hamdan mau buang hajat ke toilet, dia lewat pinggir gue dan nginjek kaki gue.

Gue : “Woi Dan, hati-hati dong lu. Keinjek nih!”
Hamdan : “Alah.. bukan sepatu baru juga”
Gue : “Bukan masalah sepatunya, sakit bego! Lu nginjek kaki orang malah lempeng aja. Parah lu.”
Hamdan : “Elu yang bloon. Kaki lu minggir kek. Ngalangin jalan tuh”
Gue : “Elu kali yang bloon!”
Hamdan : “Elu bloon!”
Dadang : “Sudah-sudah. Sesama orang bloon jangan saling menghina”

Seketika, suasana langsung berubah menjadi hening… Hening tanpa suara, layaknya suasana orang sedang buang hajat, suara setetes air pun dapat terdengar dengan jelas.

Advertisements

Makan di Warteg

Akhir bulan, adalah masa-masa sulit bagi mahasiswa. Gue juga pernah ngalamin. Kala itu, gw sama temen kuliah gw: Dadang dan Hamdan, berencana melakukan perjalanan jarak dekat, ke Warteg sekitar kampus. Bagi mahasiswa, kalo udah tanggal tua Warteg adalah pilihan satu-satunya untuk makan murah, tidak seperti tanggal muda yang mana masih bisa jalan ke mall sambil makan di restoran ternama.

Warteg, adalah akronim dari Warung Tegal. Anehnya, walaupun letaknya di tataran Sunda, namanya tetap Warteg, bukan Warsun atau Warung Sunda. Walapun kadang temen gue mau makan di Warung Sunda, tapi kalo gue tanya mau kemana.. jawabnya selalu : “Gue mau ke Warteg”

Setelah sampai di tujuan, akhirnya kita bertiga dilayani sama teteh yang di Warteg.

Teteh : (dengan logat Jawa) “Pada makan disini Mas?”
Dadang : “Iya Teh.”

Diantara kita bertiga, Dadang selalu lebih dulu maju kalo hadap-hadapan sama cewe. Maklum, sudah 3 minggu jadi jomblo.

Teteh : (nyiapin nasi dulu, lalu dengan logat Jawa). “Sama apa aja ┬áMas?”
Dadang : “Telor, ikan asin, sama sayur. Bay, lu ama apa aja?”.

Dadang sangat bersemangat sekali, ini bukan kebiasaan Dadang. Gue kira Dadang mau bayarin gue. Tapi gue dalam sekejap, gw nyadar kalo Dadang lagi caper (cari perhatian) si Teteh dengan cara aktif membantu kinerja si Teteh.

Gue : “Sama Ayam Goreng, sayur, tempe, kerupuk.”
Dadang : “Dan, lu pake apa aja?”

Tiba-tiba Hamdan terdiam. Dia ngecek dulu saku celananya. Mukanya mendadak pucat, berkeringat dingin. Lalu dia menjawab dengan nada agak gemetar.

Hamdan : “Gue…, gue pake… gue pake duit lu dulu ya Dang..”

Dengan wajah berbinar dan polos, si Teteh memotong pembicaraan.

Teteh : (masih dengan logat Jawa) “Kalo ga bisa bayar sekarang gapapa kok Mas”

Dengan cepat, Dadang menimpal.

Dadang : “Gapapa Teh, biar Dadang yang bayar.”
Gue : “Wah.. gue lu bayarin juga Dang?”
Dadang : “Elu kan punya duit”

Itulah sifat asli Dadang. Dia adalah sobat gue